Negara di Dunia Yang Menggunakan Bahasa Jawa

0 1368
Info Populer Terpanas dan Terkini Situs Judi Online Terpercaya

Infounikdunia.com | Sebagian masyarakat Indonesia tentu mengenal Bahasa Jawa meskipun tak semua dapat berkomunikasi dan paham maksud serta arti dari orang-orang yang sedang menggunakan bahasa tersebut. Bahasa Jawa memang lazim digunakan oleh penduduk yang bersuku Jawa di Jogjakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Beberapa kota di Pulau Jawa lainnya seperti Cilegon, Tangerang, Serang, Subang, Kerawang, Cirebon juga banyak yang menggunakannya. Suku Jawa merupakan suku terbesar yang menghuni Indonesia.

Negara-Yang-Menggunakan-Bahasa-Jawa

Bahasa Jawa yang tersebar di banyak wilayah Nusantara tak lepas dari migrasi orang-orang Jawa di masa penjajahan kolonial dulu. Di luar Pulau Jawa, persentase yang paling banyak menggunakan bahasa ini adalah di Propinsi Lampung. Diperkirakan sekitar 62 persen masyarakatnya menggunakan bahasa Jawa. Selanjutnya Sumatra Utara di posisi kedua dengan jumlah 32,5 persen. Lalu disusul oleh Jambi sebanyak 27,5 persen.

Tak hanya di wilayah Indonesia saja, bahasa Jawa juga menyebar luas ke beberapa negara lain di dunia. Berikut ini negara-negara di luar negeri yang dimana juga masyarakatnya banyak yang menggunakan bahasa Jawa dalam kesehariannya.

Republik Suriname terletak di Benua Amerika Bagian Selatan. Di masa lalu negara ini merupakan bekas jajahan Belanda. Ketika itu masih bernama Guyana Belanda. Di bagian barat berbatasan dengan Guyanama, di timur berbatasan dengan Guyana Perancis. Sementara di sebelah selatan berbatasan dengan Brazilia, dan Lautan Atlantik di bagian utaranya.

Antara tahun 1890 hingga 1939 ditaksir sebanyak 75 ribu jiwa orang yang berasal dari etnis Jawa dibawa oleh Belanda sebagai pekerja disana. Kini 15 persen penduduk negara tersebut memakai bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari mereka. Jabatan-jabatan penting di Pemerintahan pun sudah banyak yang dijabat oleh orang-orang dari etnis keturunan Jawa.

Bahasa Jawa di negara Belanda dibawa oleh orang-orang Jawa saat mereka menjadi budak untuk negeri Kincir Angin tersebut. Yang menarik dan unik adalah sekarang orang Eropa terutama Belanda juga menaruh minta besar untuk belajar bahasa Jawa beserta kebudayaannya. Salah satunya adalah universitas Leiden, yang didirikan oleh Pangeran Willem Van Oranje di tahun 1575. Universitas tertua di Belanda ini banyak menyimpan berbagai koleksi naskah-naskah kuno yang menggunakan tulisan dan sastra Jawa kontemporer yang masih terawat dengan baik.

Category: Info
No Response

Leave a reply "Negara di Dunia Yang Menggunakan Bahasa Jawa"


+ 1 = 3