oleh

8 Jenis Burung Kenari yang Paling Populer di Indonesia

123samsung
1xinfo.net – Burung Kenari memang masih menjadi salah satu burung yang banyak di pelihara di indonesia. ragam burung kenari yang di pelihara pun saat ini sudah banyak jenisnya. saat ini sudah banyak jenis kenari yang secara khusus di datangkan dari luar negeri sebagai contoh saja misalnya jenis  kenari yorkshire yang memiliki bentuk fisik besar dan terlihat lebih gagah. selain itu ada juga jenis burung kenari waterslanger yang memiliki suara kicauan mirip seperti suara air yang sedang bergemuruh.
banyak para kicaumania indonesia terlebih lagi pecinta kenari mulai membudidayakan burung kicauan yang satu ini. dan saat ini bisa di katakan sudah banyak jenis – jenis baru muncul misalnya saja hasil kawin silang antara kenari yokshire dengan kenari lokal yang kemudian melahirkan anakan kenari F1 Yorkshire yang saya rasa memiliki suara kicauan yang lebih bagus dari pada kenari Yorkshire.sebenarnya terlepas dari 8 jenis burung kenari yang akan di ulas disini sebenarya masih ada lagi beberapa jenis burung kenari yang belum kami sertakan di antaranya :
Ragam Jenis Burung Kenari :
* Kenari American Singer
* Belgian Fancy Canary
* Border Fancy Canary
* Color Bred Canary
* Crested Canary
* Fife Fancy Canary
* Gloster Fancy Canary
* Lizard Fancy Canary
* Northern Dutch Frilled Canary
* Norwich Canary
* Parisian Frilled Canary
* Red Factor Canary
* Roller Canary
* Spanish Tmbardo Canary
* Stafford Canary
Sesuai dengan yang saya sebutkan di atas, Selain kenari yokshire sebenarnya masih banyak jenis burung kenari yang di jual di indonesia muali dari kenari yorkshire yang berasal dari amerika, kenari norwich,  kenari gloster, Kenari Border dan ada juga burung kenari roller setiap burung kenari di atas berasal dari daerah yang berbeda – beda dan akan kami ulas satu persatu.

1. Kenari Melayu / Kenari Gunung
Kenari Melayu atau Kenari gunung ini merupakan burung kenari yang berasal dari indonesia atau yang sering di sebut dengan sebutan javan greenfinch burung ini bisa di temukan di pulau jawa terutama di daerah – daerah pegunungan seperti gunung gede, pangrango, papandayan , gunung lawu, ada juga yang ditemukan di pegunungan tengger. burung ini lebih suka hidup sendiri atau hidup dalam kelompok dalam jumlah kecil.
Kenari Melayu @ orientalbirdimages.org
Nama Ilmiah : Serinus estherae
Negara Asal : Indonesia
2. Kenari Yorkshire
yang menjadi peringkat pertama adalah burung kenari yorkshier. waktu datang di indonesia kenari yorkshire langsung menjadi salah satu burung kicauan yang menjadi pusat perhatian para kenari mania di indonesia. kalau di lihat secara fisik kenari yorkshier memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih gagah jika di bandingkan dengan burung kenari jenis lainnya. harga kenari yorkshire bisa di katakn juga masih tinggi untuk kenari yorkshire jantan dan betina memiliki harga sekitar 5 juta – 10 juta per ekornya cukup mahal bukan ?
Kenari Yorkshire
Nama Ilmiah : Serinus canaria domesticus
Negara Asal : Inggris
3. Kenari Waterslager
Sesuai dengan namanya burung kenari waterslager ini terkenal memiliki suara kicauan yang mirip dengan suara air. buurung kenari ini bukan berasal dari indonesia melainkan berasal dari belgia, ukuran tubuhnya bisa di katakan tidak sebesar burung kenari yorkshire akan tetapi mirip burung kenari pada umumnya yang memiliki panjang sekitar 16,5 Cm. diindonesia sendiri cukup banyak orang yang menyukai sura kenari waterslager ini termasuk saya pribadi.
Kenari Waterslager
Nama Ilmiah : Serinus canaria domesticus
Negara Asal : Belgia
4. Kenari Spanish Timbrado
Burung kenari ini juga menjadi salah satu jenis kenari yang memiliki suara yang jernih dan nyaring hal ini bisa anda lihat di berbagai situs berbagi video di internet. sesuai dengan namanya burung kenari timbrado ini berasal dari spanyol dan merupakan salah satu jenis kenari yang masih murni dalam artian belum ada darah campuran dari jenis burung kenari lain. misalnya saja F1 yorkshire yang merupakan hasil kawin silang antara kenari lokal dengan kenari yorkshire. seperti burung kenari pada umumnya kenari spanish Tmbrado ini juga merupakan burung pemakan biji – bijian.
Kenari Spanish Timbrado @ hoobly.com
Nama Ilmiah : Serinus canaria domesticus
Negara Asal : Spanyol
5. Kenari Roller
Kenari Roller yang memiliki nama ilmiah Serinus canaria domesticus ini berasal dari negara jerman. Berbeda dengan jenis kenari yorkshire yang memiliki kelebihan di bentuk fisiknya kenari roller memiliki bentuk tubuh yang standar – standar saja. saya rasa kenari Roller lebih memiliki keunggulan pada suara kicauan yang dimilikinya. ketika sedang berkicau burung kenari roller ini memiliki ciri khas yakni bagian dagu bawahnya akan terlihat lebih besar dan mengelembung ketika sedang berkicau.
Kenari Roller
Nama Ilmiah : canaria domesticus
Negara Asal : Jerman
6. Kenari Border
Tidak Seperti Jenis Kenari lainnya burung kenari border ini cenderung memiliki bentuk fisik yang lebih unik dan khas. jika anda lihat gambar di bawah ini akan terlihat jika kenari border memiliki bulu yang terkesan mengembung seperti balon. akan tetapi walaupun demikian kenari border juga memiliki suara kicauan yang tidak kalah merdu dengan suara kenari lainnya.kebanyakan warna bulu dari jenis kenari ini berwarna kucing, akan tetapi ada juga yang berwarna putih, kuning, hijau, cinamon dan masih banyak lagi variasi warnanya.
Kenari Border
Nama Ilmiah : Serinus canaria domesticus
Negara Asal : Inggris dan Skotlandia
7. Kenari Gloster
Saya yakin anda pasti sering melihat burung kenari gloster di pasar burung. sebagai salah satu jenis kenari yang memiliki keunikan tersendiri kenari gloster memang bisa di katakan cukup mudah untuk di ingat. salah satu ciri khas yang dimiliki kenari ini adalah bulu yang ada di kepalanya yang kalodi lihat mirip rambut manusia yang sampai menutupi matanya. Kenari Gloster ini memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil panjangnya saja biasanya hanya berkisar di angka 11,5 cm.
Kenari Gloster
Nama Ilmiah : Serinus canaria domesticus
Negara Asal : Inggris
8. Kenari Norwich
Sesuai dengan namanya burung kenari norwich memang berasal dari kota norwich di inggris.  di inggris sendiri burung ini bisa dikatakan masih cukup terkenal dan ukuran tubuh kenari ini juga bisa dikatakan cukup besar panjangnya bisa mencapai 16 cm dan warna yang dimilikinya pun cukup beraneka ragam mulai dari  putih sampai cinnamon
Kenari Norwich @ pecintahewan.com
Nama Ilmiah :Serinus canaria domesticus
Negara Asal : Inggris
Setiap kenari di atas memang memiliki kelebihanya sendiri – sendiri akan tetapi kebanyakan kicau mania di indonesia lebih menyukai burung kenari yang gacor dan bisanya di jadikan sebagai burung ocehan di rumah maupun di ikut sertakan dalam lomba.
Situs Judi Online Terpercaya

Komentar

Info Terbaru