oleh

10 Teknologi yang dulu dianggap khayalan ini sekarang jadi kenyataan

123samsung
1xinfo.net – Film sci-fi (fiksi ilmiah) sering ditunggu-tunggu penikmatnya. Berbagai teknologi yang terkesan hanya khayalan bisa tampak nyata dalam genre film ini. Oleh karena itu, tak jarang penonton rela antre menonton film tersebut di bioskop terdekat.
Film sci-fi punya ciri khas menunjukkan teknologi masa depan yang mempunyai peran penting. Sebut saja film sci-fi terkenal seperti Star Wars atau seri film Back to the Future yang menggambarkan bagaimana teknologi bisa mengubah keseharian manusia. Mulai dari hal yang remeh-temeh seperti kacamata sampai alat komunikasi yang canggih.
Salah satu contoh teknologi yang terkenal dari film Back to the Future yang sudah umum adalah film berjenis 3D. Tokoh Marty saat berada pada masa depan berdiri di sebuah wahana yang mirip sekali dengan film 3D tersebut. Seekor hiu raksasa yang berbentuk seperti hologram keluar dari wahana tersebut dan berusaha untuk menerkam Marty.
Tak jarang teknologi khayalan dalam film sci-fi ternyata ada di dunia nyata. Pelan tapi pasti, teknologi yang selama ini dianggap hanya ada di film mulai bisa dinikmati banyak orang.
Penasaran apa saja? Berikut brilio.net ulas dari berbagai sumber, Selasa (13/2), 10 teknologi yang dulu dianggap sebagai khayalan tapi sekarang jadi kenyataan.
1. Smart glass.
Kacamata mungkin terlihat hanya sebagai benda fashion saja. Dalam film Back to the Future, anak Marty dari masa depan terlihat sedang memakai kacamata yang bisa menampilkan berbagai informasi tertentu.
Hal ini ternyata sudah ada di kenyataan berkat adanya virtual reality headset. Berbagai konten VR juga bisa kamu temui dengan mudah di media sosial. Tinggal pasang kacamata VR, kamu bisa langsung menikmati berbagai konten dengan asyik.

2. TV layar flat.
TV dulu terkenal dengan ukurannya yang besar dan berat. TV tabung tersebut memang membutuhkan ukuran yang besar agar cahaya bisa dipantulkan di layarnya.
Dalam berbagai film sci-fi, TV sering digambarkan memiliki ukuran yang tipis dan praktis. Sekarang, TV dengan teknologi LCD dan LED dengan ukuran tipis sudah sering dijumpai di rumah-rumah. Tak hanya makin tipis, TV zaman sekarang sudah bisa menampilkan warna yang lebih jernih.

3. Tablet.
Komputer yang hanya seperti papan, dulu hanya khayalan saja. Dulu, komputer terkenal sangat berat dan tidak bisa dijinjing ke mana-mana. Bahkan, laptop masih banyak yang beratnya mencapai 3 kg.
Tablet yang hanya sebesar papan menjadi teknologi yang hanya imajinasi pada zaman dulu. Sekarang, tablet dengan performa terkini bisa kamu temukan di mana-mana. Tak perlu lagi deh bawa laptop yang berat.
4. Facial recognition.
Sistem keamanan dengan menggunakan wajah dulunya hanya ada di film sci-fi seperti James Bond. Sistem ini memungkinkan orang untuk membuka suatu gadget hanya dengan wajah saja.
Teknologi canggih tersebut membuat banyak pihak penasaran. Namun sekarang kamu bisa menemukannya di smartphone yang harganya tak sampai Rp 3 jutaan.
Advan G2 menghadirkan kamera depan yang dibekali teknologi Face ID. Kamu tinggal melihat sekilas ke smartphone dan kuncinya akan langsung terbuka. Fitur Face ID Advan G2 mampu mengidentifikasi 200 titik detail di wajah untuk membuka perangkat. Dengan cara ini, membuka kunci layar menjadi lebih mudah tapi tetap dengan kendali keamanan yang tinggi.
Tak cuma untuk sistem keamanan, kamera depan dengan teknologi Face ID ini juga mempunyai resolusi hingga 16 MP. Alhasil, selfie akan lebih jelas dan jernih. Tak cuma wajahmu yang jernih, background juga akan terlihat tajam. Mendapatkan foto sekelas selebgram sekarang bukan imajinasi saja.
Tak perlu takut juga dengan foto yang kabur karena Advan G2 sudah dilengkapi dengan image stabilizer yang membuat fotomu tetap stabil dalam kondisi apa pun. Fitur Beauty Selfie 5.0 yang hadir juga memberikan pengalaman selfie yang tak terlupakan. Wajah bisa jadi lebih tampil cerah alami tanpa perlu makeup apa pun.

5. Video call.
Teknologi sistem keamanan sekarang makin canggih. Banyak film sci-fi yang berhasil memprediksi teknologi ini. Contohnya dalam film Back to the Future, ada adegan tokoh utama membuka pintu dengan sidik jari saja. Pengguna tinggal menaruh jarinya di tempat yang disediakan dan pintu akan terbuka.
6. Fingerprint.
Teknologi sistem keamanan sekarang makin canggih. Banyak film sci-fi yang berhasil memprediksi teknologi ini. Contohnya dalam film Back to the Future, ada adegan tokoh utama membuka pintu dengan sidik jari saja. Pengguna tinggal menaruh jarinya di tempat yang disediakan dan pintu akan terbuka.
Nah, teknologi ini sekarang sudah umum digunakan di smartphone. Advan G2 dengan teknologi fingerprint mampu mendeteksi sidik jari hanya 0.3 detik saja. Penempatan lokasi fingerprint di depan juga membuat smartphone ini terlihat berkelas dan apik.
Dibalut dengan desain unibodi, Advan G2 terlihat seperti HP mahal. Tapi ternyata, smartphone ini harganya di bawah Rp 3 jutaan lho. Teknologi keren memang tak perlu harga mahal.
7. Drone.
Sebuah benda kecil yang mengapung dan mengambil foto terkesan hanya sebuah khayalan. Drone ternyata juga pernah diramal dalam film Back to the Future. Dalam hal ini, sebuah drone dari perusahaan media memfoto seseorang yang sedang ditangkap polisi. Drone tersebut mampu mengambil foto tersebut tanpa bantuan orang lain.
Sekarang drone bisa kamu temukan di mana saja. Mulai dari militer sampai masyarakat biasa, sering memanfaatkan drone untuk mengambil foto. Hasil foto dari udara ini memberikan perspektif baru dan hasil foto yang ciamik. Hal ini membuktikan bahwa kita sekarang hidup di masa depan, keren juga ya!
8. Online Banking.
Membayar belanja dengan kartu dulu menjadi idaman. Bagaimana tidak, kamu tak perlu membawa segepok uang saat hendak belanja bulanan. Cukup gesek kartu, kamu bisa langsung pergi.
Dalam film sci-fi sering terlihat orang menggunakan kartu sebagai pengganti uang tunai. Zaman sekarang, kamu juga bisa menggunakan smartphonemu untuk menyelesaikan transaksi lho. Banyak bank yang menyediakan jasa online banking sehingga kamu bisa berbelanja lewat smartphonemu.
9. Lengan bionik.
Dalam film Star Wars, Luke kehilangan tangannya saat duel melawan musuhnya. Sebagai penggantinya, Luke mendapat lengan pengganti yang bisa bergerak layaknya tangan biasa. Tangan tersebut terbuat dari bahan metal kuat sehingga bisa digunakan sehari-hari.
Dengan tangan ini, Luke bisa kembali beraksi. Tangan ini sekarang sudah banyak dikembangkan untuk mereka yang kehilangan tangan. Berbagai jenis tangan bionik bisa kamu temui. Alhasil, kehidupan mereka jadi lebih baik daripada sebelumnya.
10. Hologram.
Dalam film Star Wars, banyak pertemuan yang dilakukan lewat hologram biru seperti gambar di atas. Selain praktis, pengguna bisa langsung bercengkerama dengan yang lain.
Teknologi ini sekarang bisa kamu gunakan dengan smartphone dan plastik saja. Banyak konten 3D yang bisa kamu temukan di media sosial. Cukup dengan plastik yang dibuat seperti piramid terbalik, kamu bisa melihat hologram tampil di atas layar smartphonemu, keren kan?
Situs Judi Online Terpercaya

Komentar

Info Terbaru