oleh

5 Hewan Tertua di Dunia Yang Hampir Punah

123samsung
1xinfo.net – Alam memang menyimpan berjuta rahasia. Ada hal-hal yang semula kita anggap mustahil, namun rupanya itu nyata. Sama halnya dengan penemuan sejumlah hewan berusia hingga ratusan tahun.
Dikatakan tua dan berusia ratusan tahun karena bentuk dan ukuran hewan ini di luar batas normal. Bahkan ukuran seekor ikan yang diidentifikasi berusia ratusan tahun ini lebih besar dari tubuh anak bayi manusia.
Namun, sejumlah hewan berusia hingga ratusan tahun ini terbilang malang. Sebab nyawa mereka harus berakhir di tangan manusia.
Ada yang tidak sengaja dan ada pula yang sengaja untuk bahan penelitian. Seperti dikutip dari laman Toptenz, Sabtu (5/5/2018), berikut 5 hewan tertua di dunia yang harus mati di tangan manusia:
1. Ikan Berusia 200 Tahun
Ilustrasi ikan Rockfish (iStock)
Pada 21 Juni 2013, penduduk asli Seattle, Amerika Serikat bernama Henry Liebman memancing ikan di lapas pantai Alaska untuk mencari ikan favoritnya yaitu Rockfish.
Seperti yang diharapkan, ia berhasil mendapat ikan jenis tersebut. Namun, ia sempat ragu dengan ikan tangkapannya itu karena saat itu ikan yang ia dapat sangatlah berat.
Terbukti dari usaha yang ia lakukan untuk membuat ikan tersebut naik ke permukaan. Setelah bertarung hingga beberapa menit, ia mendapati ikan jenis Rockfish itu punya ukuran tubuh yang luar biasa.
Melihat hasil tangkapannya itu membuat sejumlah peneliti penasaran. Saat diperiksa, bagian pertubuhan di area tulang telinga, para peneliti kaget bukan main.
Sebab, dari hasil penelitian ikan itu diperkirakan berusia 200 tahun.

2. Ikan Hiu Berusia 400 Tahun

Ilustrasi hiu (AFP)
Australia adalah negara dengan tingkat serangan hiu tertinggi di dunia. Ada banyak manusia yang tewas akibat serangan hiu.
Namun, di satu sisi Australia juga jadi surganya pemburu ikan hiu yang ingin mengambil siripnya lalu di jual. Salah satu tindakan manusia yang menyebabkan hewan tertua mati pernah terjadi di Australia.
Saat itu, hiu jenis Greenland tersangkut di jaring seorang pemburu. Dengan menggunakan metode pemeriksaan lensa mata, peneliti dapat menyimpulkan usia hewan tersebut.
Saat diteliti, mereka memprediksi jika ikan hiu ini sudah berusia sekitar 400 tahun.
Jika benar, ia bahkan pernah hidup di masa Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

3. Kerang Berusia 405 Tahun

Ilustrasi kerang (iStock)
Kedalaman laut Atlantik Utara adalah rumah bagi kerang jenis Quahog. Moluska ini dikenal karena memiliki umur yang sangat panjang.
Untuk menentukan umur kerang, biasanya peneliti menggunakan perhitungan lewat cincin pertumbuhan yang ada di cangkangnya.
Pada tahun 2007, dilaporkan ada kerang Quahog yang ditarik keluar dari kedalaman 80 meter dan sengaja dibunuh oleh para peneliti.
Betapa tercengangnya mereka karena saat diteliti, kerang itu berusia sekitar 405 tahun. Jika benar ia masuk dalam kategori kewan non-kolonial tertua yang pernah ditemukan.

4. Gajah Berusia 100 Tahun

Ilustrasi Gajah (iStock)
Pada tahun 1950-an, seorang pemburu Spanyol bernama JJ Fenykovi sedang beradi di Angola. Kala itu, ia menemukan jejak gajah yang berukuran raksasa.
Ia kaget dan penasaran dengan jejak kaki itu serta membayangkan seberapa besar gajah tersebut.
Saat itu, Fenykovi berjanji untuk kembali tahun depan dan melacak keberadaan hewan berbelalai tersebut.
Tahun berganti dan Fenykovi kembali. Ia bahkan menunggu hingga belasan jam demi menanti kehadiran gajah. Saat melihat si gajah, pemburu tersebut langsung mengeluarkan senapan Rigby untuk melumpuhkan gajah tersebut.
Sekitar 16 peluru berkaliber tinggi ditembakkan ke gajah. Alhasil, ia bisa membunuh gajah dengan berat mencapai delapan ton tersebut.
Saat diteliti, rupanya gajah ini sudah berumur hingga 100 tahun.

5. Lobster Berusia 100 Tahun

Ilustrasi lobster (iStock)
Jika mendengar kata lobster, kebanyakan dari Anda pasti menyukainya. Sebab, hewan ini bisa dibuat sebagai sajian lezat.
Tetapi, lobster yang kalian makan biasanya berusia beberapa bulan saja. Namun, pernahkah Anda membayangkan ada lobster yang berusia hingga 100 tahun?
Lobster tertua yang pernah ditangkap oleh manusia terjadi pada tahun 1977 di Nova Scotia, Kanada.
Kala itu, lobster yang ditangkap mencapai 20 kilogram. Lobster itu diyakini berusia sekitar 100 tahun. Lobster raksasa itu akhirnya dijual ke sebuah restoran dan berakhir di meja makan.
Situs Judi Online Terpercaya

Komentar

Info Terbaru