oleh

Kisah Legenda Urban Legend Asal Tiongkok Yang Paling Kuno

123samsung
1xinfo.net – Kisah urban legend selalu menarik untuk di kupas, mengingat nilai sejarah dan pengaruhnya pada sebuah kebudayaan. Dari benua Eropa, Amerika hingga Asia memiliki kisah urban legend mereka sendiri. mulai dari cerita hantu, makhluk mitologi hingga kisah dewa-dewi, cerita tentang makhluk dunia lain ini selalu memiliki tempat tersendiri.
Di daratan Eropa sekalipun, beberapa kisah urban legend termasuk cukup populer. Kita semua pasti pernah mendengar cerita, Wolverin, Drakula hingga Frankenstien. Mereka inilah sosok-sosok urban legend yang telah mendunia, karena diangkat dalam beberapa film. Hal ini menunjukan bahwa kisah urban legend tetap memiliki tempat yang cukup spesial meski jaman telah kian modern.
Selain di Eropa,  tempat lain yang juga memberi sedikit ruang istimewa untuk kisah urban legend adalah China. Negeri yang memiliki julukan “Tirai Bambu” ini terkenal memiliki ribuan kisah yang beberapa diantaranya telah diangkat dalam film.
Namun bukan kisah ini yang akan, anehdidunia.com kupas kali ini, melainkan kisah lain dari urban legend kuno asal Tiongkok. Beberapa kisah ini diantaranya termasuk kisah mitologi, legenda hantu dan juga kisah rakyat lainya. Jadi mari kita sedikit mengenal sejarah urban legend asal negri tirai bambu ini..berikut ulasan singkatnya. 
1. Jiangshi
Bagi kalian yang tumbuh besar pada tahun 90an, pasti sudah tak asing lagi dengan film cina yang menceritakan tentang vampir. Nah vampir asal cina yang hanya bisa meloncat-loncat ini namanya Jiangshi. Menurut legenda yang ada, Jiangshi ini konon merupakan mayat dari seorang sarjana yang mati dalam peyesalan, karena meninggal sebelum sempat mengabdi untuk kerajaan. Pada zaman dulu di Cina, seseorang yang ingin bekerja untuk kerajaan harus mengikuti ujian yang sangat sulit di ibukota. Ujian ini sendiri kebanyakan tentang ilmu perang dan sastra. Karena itu banyak orang dari seluruh penjuru Cina datang dan menetap di ibukota untuk bisa belajar dan menjalani ujian untuk menjadi ppejabat negara.
Karena ujian ini sangat sulit dan lama, kadang kala bahkan ada yang sampai mati. Nah saat meninggal inilah mayat seorang calon sarjana biasanya akan dikirim ke kampung halamanya. Sedangkan sosok Jiangshi merupakan sarjana yang berhasil lolos ujian, tapi meninggal sebelum sempat dilantik. Karena itu saat di kirim kekampung halamanya, ia dipakaikan atribut pejabat lengkap.
Saat dikirim inilah konon mayat Jiangshi bangkit dari kematian dan berubah menjadi zombie vampir. Jiangshi yang telah bangkit konon akan memburu orang yang masih hidup untuk menyedot energi “Qi” mereka. Qi sendiri merupakan energi kehidupan bagi manusia, yang kemudian di ganti menjadi darah dalam film-film tentang vampir cina.
Nama Jiangshi sendiri berasal kata Jiang yang berarti “kaku” hal ini merujuk pada, kisah yang ada dimana tubuh Jiangshi yang telah kaku sebelum bangkit. Karena tubuhnya yang kaku inilah maka Jiangshi konon hanya bisa meloncat untuk berpindah tempat.
2. Nian
Bagi yang hidup di desa, kisah tentang hal-hal mistis dan juga legenda kuno merupakan hal yang umum untuk diceritakan orang tua pada anaknya. Hal ini juga berlaku di Cina, di sana ada sebuah legenda kuno tentang makhluk gaib bernama Nian yang biasa muncul di daerah pedesaan. Nian ini digambarkan sebagai makhluk ganas yang datang dari arah gunung untuk memangsa orang-orang yang ada di desa.
Menurut cerita yang ada saat muncul, sosok Nian biasanya akan menyerupai binatang buas yang sangat besar. Sosok Nian sendiri konon akan muncul jika warga desa lupa untuk mengadakan upacara dan persembahan selama tahun baru Imlek. Hal inilah yang kemudian mendasari kebiasaan orang Cina, untuk merayakan Imlek secara meriah dengan berbagai persembahan. Mereka percaya jika tahun baru dirayakan secara meriah maka Nian tak akan mendatangi desa mereka.
Kepercayaan ini sendiri bermula dari kisah kuno dimana ada seorang pria dengan pakaian merah yang berhasil mengusir Nian dengan membuat suara berisik menggunakan petasan. Sejak saat itu warga biasanya akan memakai pakaian merah dan menyalakan petasan saat tahun baru. Oh ya sebagai tambahan informasi, sosok Nian ini sekarang bisa kita lihat dalam kesenian barongsai. Singa dalam kesenian khas Cina ini konon terinsprasi dari sosok Nian yang melegenda.
3. Jiu Feng
Dipuja sebagai Dewa oleh penduduk Provinsi Hubei pada jaman kuno. Jiu Feng merupakan sosok makhluk mitologi yang digambarkan sebagai burung Phoenix dengan 9 kepala. Burung legendaris ini muncul dalam beberapa literatur kuno Cina dan konon merupakan makhluk yang sangat sakti hingga bisa mengakibatkan bencana maupun kesenangan. Kisah ini diantaranya tertulis dalam sejarah Kerajaan Chu pada tahun 475-221 sebelum masehi yang memperlihatkan sosok Jie Feng sebagai dewa yang mereka sembah.
Sejarah tentang Jiu Feng ini, makin terang saat sebuah literatur kuno dari tahun 4 sebelum masehi, menulis lebih detail tentang buruk berkepala 9 ini.Dalam literatur tersebut, Jiu feng di ceritakan sebagai makhluk yangbertugas untuk mengawasi tingkah laku manusia. Karena itu ia memiliki 9 kepala untuk lebih memudahkanya mengawasi seluruh dunia.

4. Zhayu
kalian pasti pernah mendengar istilah “Forbidden City” kan? Istilah yang banyak muncul dalam sejarah dan juga film-film Cina ini merupakan istilah untuk menggambarkan area di sekitar Istana Raja Cina. Area ini disebut sebagai Forbidden City, karena besarnya wilayah yang ada dan tentunya karena tempat ini juga terlarang untuk orang biasa. Jadi area forbidden city biasanya mendapat pengawalan yang sangat ketat. Pengawalan ini bahkan tak hanya melibatkan manusia, namun juga makhluk gaib.
Menurut sejarah yang ada, di forbidden city konon ada sesosok makhluk gaib yang menjadi penjaga. Makhluk itu bernama Zhayu, seekor makhluk mirip Naga yang diciptakan dari energi “Yin” (energi negatif) oleh beberapa pendeta aliran Tao. Karena diciptakan dari energi Yin inilah, Zhayu konon merupakan makhluk yang ganas dan haus darah. Zhayu juga konon suka memakan daging manusia, hanya saja yang ia makan hanyalah orang yang berniat jahat atau menyusup ke istana. Hal ini konon terjadi karena segel yang di pasang oleh para pendeta aliran Tao agar Zhayu tak lepas kendali. Menurut sejarahnya Zhayu sendiri diciptakan bukan hanya untuk menjaga istana namun juga untuk mengingatkan raja yang tamak, agar mau bertobat. Jadi secara sebenarnya Zhayu tak hanya menjada istana dari orang luar saja tapi juga untuk mengingatkan penghuni Istana agar tak bertindak Lalim.
5. Zhong Kui
Menyeramkan tapi banyak orang memujanya, itulah kesan yang tepat untuk menggambarkan sosok Zhong Kui. Berbeda halnya dengan makhluk mitologi lain yang biasanya digambarkan suka memakan manusia. Zong Kui justru sebaliknya, karena makhluk mistis ini konon justru mengkonsumsi setan dan iblis yang ada di dunia ini. Sebab itu meski memiliki sosok seperti monster dan sangat ganas, kebanyakan orang Cina tempo dulu tak takut terhadap Zhong Kui.
Beberapa kisah kuno bahkan menceritakan Zhong Kui sebagai makhluk yang suka menolong manusia. Salah satunya adalah kisah dari Raja Tang Xuangzong yang pada masa pemerintahanya nyaris mati setelah diserang oleh iblis jahat. Saat itu Raja Tang yang tengah tertidur lelap hampis di makan oleh iblis yang masuk ke kamarnya. Saat itu tiba-tiba Zhong Kui muncul dan memakan Iblis tadi.
Kisah lainya berasal dari Dinasti song dimana saat itu konon berkeliaran makhluk mirip manusia namun sangat berbulu yang gemar memakan iblis. Makhluk ini konon akan  muncul saat ada iblis yang menyerang manusia. Karena kisah inilah kebanyakan orang cina tak takut terhadap Zhing Kui dan bahkan justru memujanya.
6. Xing Tian
Pada masa jayanya, Kekaisaran Cina merupakan salah satu yang terbesar di dunia ini. Mereka bahkan pernah mendapat julukan sebagai sang penakluk karena mampu menguasai seluruh dataran Cina. Selain strategi perang yang jitu, salah satu kekuatan terbesar mereka dalam menaklukan Asia timur tentu adalah karena banyaknya prajurit yang mereka miliki. Tak hanya terkenal karena jumlahnya, prajurit-prajurit cina kuno juga terkenal sangat berani dan tak takut mati.
Keberanian prajurit cina ini salah satunya di tunjukan oleh kisah Xing Tian. Seorang prajurit yang berani menentang perintah Kaisar yang lalim. Karena menentang Kaisar, akhirnya Xing Tian dipenggal hingga mati. Namun hal ini tak menghentikan sosok prajurit pemberani ini, karena setelah di penggal mayat Xing Tian, kembali bangkit meski tak memiliki kepala.
Menurut cerita yang ada, wajah Xing Tian memudian muncul di tubuhnya, setelah berevolusi ini ia kemudian kembali melawan Kaisar lalim tersebut. Karena itu sosok Xing Tian sering digambarkan sebagai simbol keberanian dan kegigihanya.
Situs Judi Online Terpercaya

Komentar

Info Terbaru