oleh

Teknik dan Cara Menanam Bonsai Ala Jepang

123samsung
1xinfo.net – Cara Menanam Bonsai – Tanaman Kerdil asal Jepang yang lucu, indah dan unik ini memang tengah digemari oleh masyarakat di Indonesia. Harga bonsai memang cukup mahal bahkan lebih mahal dari harga buah tin per kg nya di pasaran sehingga hanya sebagian orang saja yang mampu memeliharanya.
Namun ada beberapa tips dan cara menanam bonsai yang benar tanpa harus membelinya mahal-mahal di penjual tanaman hias atau jual rumput sintetis Sebelumnya akan kita bahas terlebih dahulu mengenai fakta tanaman bonsai yang unik ini.

1 Sejarah Cara Tanaman Bonsai

Istilah bonsai memang berasal dari Bahasa Jepang dengan bentuk kanji ??, namun seni menanam bonsai ini pertama kali dilakukan di Tiongkok pada masa pemerintahan Dinasti Tsin tahun 265 sampai 420 Masehi. Istilah “Bonsai” di Jepang pertama kali muncul pada masa pemerintahan Kamakura yang artinya tanaman dalam pot dangkal.

2 Keunikkan dan Manfaat Tanaman Bonsai

Keunikkan dari tanaman bonsai ini adalah bentuknya yang kecil seperti miniatur dari pohon-pohon aslinya. Selain itu tanaman bonsai ini rata-rata mampu hidup sampai berumur puluhan bahkan ratusan tahun. Dari segi manfaat, pohon bonsai ini bisa menyimpang cadangan oksigen yang cukup banyak sehingga ketika anda merawatnya, rumah anda terasa segar dan sejuk.
3 Memilih Jenis Tanaman Bonsai
Indonesia adalah negara tropis dimana banyak terdapat jenis pohon yang dapat di bonsai. Tanaman Tropis di Indonesia tidak kalah eksotis dan indah dibanding dengan Tanaman asal Jepang atau Tiongkok. Adapun pohon yang dapat dikerdilkan di Indonesia diantaranya :
4 Pohon Bonsai Asam

Asam adalah tanaman khas Indonesia. Keunggulan dari tanaman asam ini yaitu akar serta batangnya yang sangat keras dan kokoh sehingga terlihat tua apabila dijadikan bonsai. Jenis asam yang dapat dibonsai di Indonesia yaitu Asam Jawa dan Asam Belanda.
5 Pohon Bonsai Beringin (Ficus Benjamina)

Para pebonsai di Indonesia menyebut beringin sebagai bonsai khas Indonesia karena mempunyai beberapa kelebihan seperti mampu menghasilkan daun yang rimbun, akar yang bisa dibentuk berbagai macam gaya serta dapat beradaptasi di mana saja menyesuaikan media yang terbatas.
6 Pohon Bonsai Cemara

Pohon cemara (Casuarina equisetifolia) adalah salah satu pohon yang mudah dibonsai serta dikenal sebagai bakalan bonsai yang bagus. Para pebonsai mulai mengkhawatirkan apabila pohon cemara ini terus-menerus diambil akan mengakibatkan kepunahan dari habitat aslinya.
7 Pohon Bonsai Jeruk

Ada beberapa jenis pohon jeruk yang dapat dijadikan bonsai. Daya tarik utama dari tanaman bonsai jeruk adalah perpaduan antara tanaman yang kerdil dengan lebatnya buah jeruk berwarna oranye. Ditambah dengan aroma dari buah jeruk yang khas membuat semua orang ingin menanamnya.
8 Cara Menanam Bonsai yang Baik

Setelah mengetahui sejarah dan jenis bonsai yang dapat ditanam di Indonesia, selanjutnya akan dibahas mengenai cara menanam bonsai yang benar. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan agar bonsai dapat tumbuh dengan baik diantaranya sebagai berikut :
 * Pemilihan Tanaman Bonsai

Ketika pertama kali membudidayakan bonsai, alangkah baiknya kita memilih bibit bonsai yang sehat dan juga tidak berpenyakit serta memiliki daun yang warnanya hijau. Biasanya bibit yang baik tersebut berasal dari stek dan cangkokan dimana bibit tidak mempunyai akar berbentuk tunggang, namun memiliki jenis akar lateral.
Beberapa jenis tanaman yang dapat dibonsai contohnya pohon maja, ceremai, sawo, beringin, kayu manis, jambu biji, dan masih banyak lagi. Ukuran bibit yang akan dijadikan bonsai sebaiknya berdiameter besar agar nantinya tanaman menyerupai dengan tumbuhan besar ketika dikerdilkan.
 * Pemangkasan & Pembentukan

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah memilih jenis tanaman yang akan di stek adalah membuang dahan yang tidak dibutuhkan. Selanjutnya tanaman bisa dipangkas. Hal ini dimaksudkan agar bentuk bonsai sesuai dengan apa yang diharapkan. Perlu diperhatikan juga, pangkaslah pada bagian pangkal percabangan agar tidak terjadi pengeringan. Pemangkasan ini juga mampu mengendalikan masa pertumbuhan cabang supaya tidak terlalu cepat.
Akar bonsai sebaiknya dipotong mengarah ke samping dengan tujuan agar pertumbuhan dapat diperbanyak. Setelah itu, lakukan teknik pengawatan. Berhati-hatilah ketika proses pengawatan agar cabang, batang dan ranting dapat terbentuk. Berbagai bentuk bonsai bisa dipilih sesuai dengan keinginan anda seperti bentuk miring, tegak lurus atau tegak berliku.
 * Menyiapkan Pot

Selain menyiapkan jenis tanaman yang akan dibonsai, anda juga harus menyiapkan pot atau wadah yang akan dipakai sebagai media/tempat penanaman bonsai. Bagian dasar pot harus diberi lapisan kerikil kecil yang kemudian ditimbun tanah. Akar bakalan bonsai sebaiknya dikurangi sesuai dengan ukuran pot sebelum dimasukkan ke dalam tanah.
Cara menanam bonsai yang baik adalah dengan memindahkan sebagian media tanam ke dalam pot, lalu menanam bakalan bonsai tersebut dengan posisi tepat. Setelah itu, cara menanam bonsai yang terakhir adalah dengan memasukkan sisa media tanam dan dipadatkan menggunakan telapak tangan dan ujung jari.

 * Perawatan Bonsai

Setelah bonsai tumbuh dengan indah di halaman rumah, anda juga wajib melakukan perawatan rutin agar bonsai dapat terus tumbuh serta tidak cepat mati. Anda harus rutin mengecek bagaimana pertumbuhan cabang, dahan, ranting dan juga batangnya. Jika terlihat dahan dan cabang tumbuh berlebihan, lakukan pemangkasan agar tidak menyimpang dan merusak kecantikan bentuk bonsai.
Perawatan selanjutnya adalah pemberian pupuk. Proses ini bisa dikerjakan 3 kali dengan memakai pupuk kimia. Lebih bagus lagi jika kita menambahnya dengan kompos, pupuk kandang, ataupun bahan organik lainnya. Sementara itu, penyiraman harus rutin dilakukan minimal sekali setiap hari.
Situs Judi Online Terpercaya

Komentar

Info Terbaru